Konsultan ITKonsultan IT – Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer dan internet yang begitu pesat ditandai dengan kebutuhan dan ketergantungan akan cepatnya akses informasi, meningkat pula kebutuhan akan orang-orang yang handal di bidang IT atau Teknologi Informasi.

Akses internet yang semakin cepat dan stabil yang menjangkau hingga ke pelosok-pelosok negeri dengan kemudahan akses di berbagai device dan gadget, dibalik semua itu ada ‘orang-orang IT’ yang berperan di belakang layar.

Ada peran ‘orang-orang IT’ yang bermain dibalik Facebook, Twitter, WhatsApp, Path, Instagram atau Google yang dibuka oleh sekian juta manusia di atas bumi ini dalam seharinya.

Berkembangnya dunia IT yang telah membuktikan dapat memberikan banyak kegunaan dan keuntungan yang cukup tinggi bagi banyak orang, telah memotivasi banyak perusahaan untuk mulai mengembangkan bidang IT dalam proses kegiatan bisnis perusahaan.

Perusahaan konsultan IT berfungsi memberikan masukan dan segala informasi yang berhubungan dengan teknologi informasi pada perusahaan yang membutuhkan jasa konsultasi teknologi informasi.

Konsultan IT adalah orang yang sangat dibutuhkan untuk memberikan kemajuan di bidang IT di perusahaan yang sudah menerapkan teknologi komputer dan internet untuk operasional bisnis perusahaan. Juga memberikan solusi berkenaan dengan segala hal yang berkaitan dengan permasalahan komputer dan internet.

Mulai dari membuat sebuah program tertentu, membuat jaringan komputer atau networking secara offline atau/dan online, mendesain website perusahaan dan menangani segala permasalahan yang timbul sesudahnya adalah tugas seorang konsultan IT untuk memberikan solusi dan pemecahannya.

Terbukti teknologi IT telah memberikan banyak manfaat dan keuntungan finansial yang tidak sedikit hingga pada akhirnya banyak perusahaan yang bergantung pada keberadaan konsultan-konsultan IT yang handal juga mampu memenuhi dan mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan perusahaan akan teknologi informasi.

Meski perusahaan membutuhkan sistem IT dalam operasional kesehariannya, namun untuk mengadakan divisi IT yang tersendiri menjadi pertimbangan yang cukup serius karena itu berarti adalah pengeluaran tambahan bagi perusahaan. Maka solusinya adalah menyewa atau kontrak kerja sama dengan perusahaan konsultan IT.

Untuk menggunakan jasa konsultan IT, perusahaan biasanya menerapkan sistem kontrak kerja sama dengan konsultan IT. Konsultan IT secara berkala akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan akan kinerja sistem IT di perusahaan tersebut. Mereka juga akan memberikan respon yang cepat jika mendeteksi sesuatu yang tidak biasa yang mungkin bisa mengakibatkan kerugian pada perusahaan.

Berikut adalah beberapa fungsi dari perusahaan konsultan IT :

  1. Memberikan konsultasi, masukan dan solusi mengenai segala hal yang berhubungan dengan komputer yang meliputi hardware, software dan cara mengatasi masalah pada komputer saat mengalami kerusakan atau malfungsi.
  2. Memberi saran dan masukan mengenai sejauh mana perlunya menerapkan networking atau jaringan pada sistem perusahaan dan menerangkan manfaat penerapannya. Penerapan sistem networking yang baik menghubungkan unit-unit antar departemen untuk penyebaran berbagai informasi dan untuk berkomunikasi menjadi lebih mudah.
  3. Membuat program atau perangkat lunak yang berguna untuk mempermudah kinerja perusahaan. Misalnya program penggajian, sistem akuntansi, rekrutmen, customer support dan lain sebagainya.
  4. Mendesain website perusahaan yang menarik untuk menampilkan profil perusahaan dan jenis layanannya kepada publik, sekaligus mempublikasikannya secara online dan memastikan kalau website nya bisa diakses masyarakat luas tanpa hambatan loading yang lambat.
  5. Menyediakan training atau pelatihan bilamana dibutuhkan dan diminta oleh perusahaan. Dan memberikan pengarahan kepada karyawan perusahaan bagaimana cara menggunakan perangkat hardware atau komputer demi menunjang efisiensi pekerjaan dan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
  6. Pada akhirnya, konsultan IT diharapkan dapat secara efektif menunjang kinerja perusahaan, melancarkan operasional dan memudahkan akses informasi ke luar perusahaan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Seorang konsultan IT wajib mengetahui setiap perkembangan komputer dan segala hal yg berkaitan dengannya sejak awal hingga perkembangan terbaru. Tidak terbatas hanya Programmer saja, banyak profesi dalam bidang IT yang orang awam belum ketahui. Ada Web Designer yang biasanya memiliki ide-ide kreatif dalam desain situs dan mengerti HTML atau CSS. Dan yang memiliki peranan sangat penting dalam dunia IT adalah Analis Sistem. Lulusan teknik infomatika yang baru saja menyelesaikan kuliahnya terlihat mulai menggeser minatnya dari programming (coding) ke arah Analis Sistem. Analis Sistem merupakan bagian yang mendesain sistem yang dibutuhkan oleh user. Analis Sistem memegang peranan sangat penting dalam proses pengembangan sistem bagi perusahaan. Secara umum jalur ini yang ditawarkan oleh konsultan IT.

Analis Sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat keras dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Seorang analis sistem wajib memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (kemampuan berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan untuk memahami perilaku organisasi perusahaan beserta fungsi-fungsi di dalamnya, pemahaman tersebut sangat membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisa penyelesaian permasalahan.

Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan atau kekurangan dari teknologi informasi.

Seorang analis sistem harus mampu bekerja dengan memahami berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem pengoperasian, serta perangkat keras yang sebaiknya digunakan.

Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, resiko, dan segala perubahan yang mungkin terjadi. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam mengadakan presentasi dan berinteraksi dengan user nya.

Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas sistem komputer sebelum diusulkan kepada pihak manajemen perusahaan.

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menuntut seorang pekerja IT agar responsive terhadap segala hal baru yang muncul membuat bidang ini terasa begitu rumit dan kompleks. Sehingga untuk bisa dikatakan dan diakui sebagai seorang Konsultan IT, anda dituntut harus menguasai banyak sekali bidang yang tidak setiap orang bisa melakukannya. Diantara tuntutan skill yang menjadi wajib dikuasai diantaranya adalah:

  1. Menguasai dan paham semua sistem operasi dengan detail
  2. Menguasai desain grafis dan semua softwarenya (Photoshop, Corel, 3dmax, dan sejenisnya)
  3. Menguasai server
  4. Menguasai jaringan (install hingga troubleshooting)
  5. Troubleshooting hardware dan software
  6. Menguasai hacking atau cracking
  7. Menguasai dengan baik html, database, php, mysql, ajax
  8. Menguasai semua software video editing
  9. Menguasai semua software sound editing
  10. Menguasai semua software antivirus
  11. Mampu mengatasi dan menghilangkan semua jenis virus
  12. Mengetahui dan sebisa mungkin mampu menguasai dengan baik semua jenis software yang ada
  13. Mampu memperbaiki monitor
  14. Mampu memperbaiki printer

Sejalan dengan berkembangnya dunia Teknologi Informasi, peran IT tidak hanya murni berupa pembangunan aplikasi (coding), desain aplikasi, pembangunan jaringan, database, hardware, dan hal teknik lainnya. Namun melebar hingga keharusan akan pengetahuan di bidang perangkat gadget semacam handphone. Berikut merupakan tambahan skill yang juga menjadi perlu dikuasai, antara lain:

  1. Mengetahui kekurangan dan kelebihan semua produk komputer
  2. Sebisa mungkin mengetahui spesifikasi semua merek laptop
  3. Mengetahui semua harga hardware termasuk update kurs
  4. Mengetahui semua harga laptop termasuk update kurs
  5. Mampu setting semua jenis handphone
  6. Mampu mengutak-atik perangkat lunak semua jenis handphone, memahami cara pengoperasian dan paham cara memperbaikinya

Adalah tugas dan pekerjaan seorang konsultan IT untuk menangani permasalahan bisnis yang ada kaitannya dengan isu-isu teknis yang berkembang dari sistem teknologi informasi. Mereka bertanggung jawab mulai dari proses analisa, desain, hingga pelaksanaan dan pemasangan sistem. Dan akhirnya memastikan solusi tersebut sesuai dengan alur bisnis perusahaan.

Rincian layanan konsultasi yang diberikan jasa konsultan IT antara lain:

  1. Desain sistem yang up to date
  2. Audit sistem
  3. Permasalahan seputar Hardware
  4. Permasalahan seputar Software
  5. Membangun software dan sistem sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  6. Penyelesaian permasalahan pada sistem yang sudah ada
  7. Mengoptimalisasi sistem yang sudah ada
  8. Membangun jaringan offline
  9. Membangun jaringan online bila diminta
  10. Melakukan pemeliharaan jaringan offline maupun online

Diatas semua skill dan keahlian yang sudah dijelaskan diatas seorang pekerja atau konsultan IT menyatakan bahwa ada dua lagi keahlian lain yang harus dan wajib dipunyai antara lain yaitu seorang pekerja atau konsultan IT harus mampu mengendalikan emosi saat semuanya kacau, dan harus mampu tidak tidur sampai waktu yang tidak ditentukan.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *